Apa yang akan terjadi jika Adblcok diaktifkan di browsermu

Hai, jumpa kembali dengan tulisan dari admin GlosarID yang jarang temu sapa dengan pengunjung situsnya sendiri hehe. kali ini saya akan membahasa untung ruginya mengaktifkan Adblock (adblocker) pada browser yang kita pakai.

Dari segi keuntungan memang kita dapat melihat saat membuka website yang biasanya terdapat berbagai jenis iklan yang berserakan di titik-titik tertentu, dengan menggunakan adblocker menjadikan titik-titik tersebut menjadi bersih tanpa ada iklan yang ditampilkan.
Keuntungan berikutnya adalah mengenai jumlah data yang di-load saat mengakses website menggunakan Adblocker menjadi lebih ringan.
Keuntungan berikutnya adalah saat kita akan mengunduh konten bajakan, dengan adanya Adblock, kita seperti berada di jalan tol yang bersih.

Saya tidak begitu mengerti apa tujuan sebenarnya diciptakannya program Adblock ini. tapi pada kenyataannya Adblock lebih banyak digunakan untuk mengakses situs dewasa dan konten digital bajakan berdasarkan informasi yang saya baca di internet .

Berikutnya saya akan ulas pendapat saya tentang kerugian memakai Adblock. saya urutkan saja
1. Memang iklan yang berada di situs yang kita akses menghilang seketika, tapi iklan yang berasal dari Adblock itu sendiri tidak akan pernah bisa dihentikan, misal saya menggunakan UCbrowser dan Operamini, saat memaikai biasa saja, tapi entah kenapa saat mencoba membuka link (di web pribadi) iklan sejenis interstial ads bisa muncul.
2. Adblcok kemungkinan mengandung virus (sejenis Adware), yah saya pernah mencoba addon Adblocker di mozilla. saya mencoba meneliti situs saya sendiri, ternyata memang iklannya menghilang. tapi saya rasa ada yang aneh.
3. Banyak situs yang menjadi blank karena penggunaan Adblock, yah saya pernah mencoba kode agar situs saya tidak dapat diakses oleh pengguna yang mengaktifkan Adblock. jadi ketika situs saya diakses akan menjadi blank putih saja. tapi saya melepas kode tersebut untuk menyempaikan pesan agar tidak memakai addon tersebut di kemudian hari saat mengakses situs saya.
4. Penggunaan Adblock yang berlebihan menyebabkan banyak situs terbaik yang kini berada di ujung tanduk nasibnya. mungkin GlosarID pun akan binasa jika tidak adanya kesadaran para pengguna internet.

Yah, baru segini pendapat saya tentang adblock.

Menurut saya penggunaan adblock seharusnya digunakan disaat yang tepat seperti ketika koneksi sedang tidak stabil, kuota sedang menipis, saat digunakan untuk membutuhkan informasi secara cepat, dan saat-saat genting saja.

Tapi ya mau gimana lagi, mental orang kita “kalau ada yang gratis ngapain harus bayar”. “kalau ada yang murah, ngapain harus bayar mahal”. padahal zaman sekarang kuota internet sangat murah harganya. kita bisa dapat 10GB hanya dengan 50ribu rupiah saja.

Padahal, hanya dengan Me-load iklan di website dan blog yang kamu kunjungi itu artinya sama dengan kamu mengucapkan “terimakasih” kepada empunya website. walaupun iklannya cuma dilihat saja.

Tinggalkan Balasan